Sunday, January 6, 2013

SETTING COMPRESSOR

Cara seting sederhana copressor audio
Dalam dunia sound system nama compresor tidak asing lagi,tapi bagi pemula nama ini cukuplah asing
semoga yang buka blog saya smua sudah mahir mengoperasikan.
Ada beberapa knop yang ada di phanel depan.
1.Input
Digunakan untuk menaikkan atau menurunkan level input suara yang masuk kedalam  compressor.


2. Threshold (ambang)
Merupakan batas maksimum dari level sinyal yang akan ditoleransi oleh   compressor. Ketika treshold dikonfigurasi -5dB misalnya, maka semua bagian dari sinyal audio yang mencapai level diatas -5dB akan otomatis di kompresi oleh compresor tersebut.


3.Ratio (perbandingan)
Merepresentasikan seberapa besar kompresi yang akan dilakukan oleh  compressor. Jika ratio di konfigurasikan 4 : 1 misalnya, maka akan dibutuhkan sinyal input sebesar 4dB untuk menaikkan level output sebesar 1 dB. Atau dengan kata lain: setiap level suara input menyentuh angka 4 dB, level suara output akan bertambah 1 dB.


3. Attack (serangan)
Menentukan seberapa cepat compressor akan merespon sinyal yang melebihi threshold, dan mulai melakukan kompresi.


4.Release (melepaskan)
Menentukan seberapa cepat  compressor berhenti melakukan kompresi ketika sinyal input telah berada dibawah level treshold yang telah ditentukan.


5.
Hard / Soft Knee
Menentukan cara sound effect compressor bereaksi dan melakukan kompresi, pada saat sinyal telah melebihi threshold. Konfigurasi hard knee mengandung arti bahwa sound effect compressor akan bereaksi dengan cepat dan secara simultan menutup semua sinyal yang melewati batas treshold yang telah ditentukan. Sementara konfigurasi soft knee mengandung arti bahwa  compressor akan diaktifkan secara bertahap untuk membuat hasil kompresi menjadi lebih halus



CARA SETTING COMPRESSOR SEDERHANA





Pertama-tama level treshold/trigger gate (klo ada) di off dulu yaitu diputar full ke kiri. Output gain/level di 0 db tengah. Limiter (klo adiv class="MsoNormal">
Level 'berlebih yg akan kita ratakan yaitu pada hal-hal seperti; 'teriakan serak vokalis band underground, teriakan-teriakan penyanyi dangdut yang bukan merupakan bagian dari lagu. sering kita dapati vokalis yang lemah power saat nyanyi tapi kenceng banget klo teriak-teriak minta sawer.. sehingga tangan kita tidak bisa lepas dari fader volume untuk jaga-jaga.. atau flute player yang merangkap juga trumpet.
balik lagi ke setting treshold compressor, yg kita dengarkan adalah suara normal nya vokalis sedang nyanyi (lebih baik lagi pada saat dia sedang menyanyi bagian refrain atau pada nada-nada tinggi) kemudian pelan-pelan treshold kita putar dr kanan kekiri sampai suara itu mulai terpotong dan lampu led 'gain reduction mulai nyala. inilah yang disebut titik treshold. Setelah ketemu titik treshold maka level kita putar balik ke kanan sedikit saja, agar suara 'normal bisa kita keluarkan dan hanya yg berlebih yg kita 'potong.

No comments:

Post a Comment