Wednesday, January 23, 2013

Skema Crossover 2 Way

Skema Crossover 2 Way

Analisis secara teoritis dapat anda lihat di rangkaian. Anda bisa lebih memilih nilai kapasitor standar pertama dan kemudian menghitung nilai resistor lainya yang di parale . Jika anda memilih respon frekuensi cut-off, maka seharusnya anda menempatkan resistor tertentu di paralel atau sejalan sehingga akan mencapai nilai sebanyak mungkin lebih dekat dalam nilai perhitungan teoritis. Untuk lebih mudahnya pada TR1-2-3, anda dapat menempatkan potesometer. Pada output frekwensi rendah dilanjutkan ke power amplifier dengan speaker rendah [Woofer], Sedang output keluaran tinggi dilanjutkan dengan power amplifier dengan frekwensi tinggi [Tweeter]. Sebaikknya silakan anda coba rangkaian untuk crossover dengan output 2 keluaran tinggi dan rendah tersebut!.. Berikut daftar komponen elektronika yang digunakan :
R1=100Kohms C1=4.7uF 100V MKT TR2-3=47Kohms trim. or pot. R2-3-4-5-6=37.5ohms [33K+4.7K] C2-3-4-5-6-7-12-13=1nF 100V MKT IC1-2-3=NE5532-TL072 R7=75Kohms[150K//150K] C8-9-10-11-14-15=100nF 100V MKT J 1-2-3=2pin conn. 2.54mm pin step R8=N.C C16=2.2uF 100V MKT J4=3pin conn. 2.54mm pin step R9-10-11-12-13-14-15-16=10Kohms C17=470nF 100V MKT R17-18=47Kohms C18-19=47uF 25V R19-20=47ohms TR1=100Kohms trim. or pot. All the Resistors is 1-2% 1/4W metal film

Sunday, January 6, 2013

SETTING COMPRESSOR

Cara seting sederhana copressor audio
Dalam dunia sound system nama compresor tidak asing lagi,tapi bagi pemula nama ini cukuplah asing
semoga yang buka blog saya smua sudah mahir mengoperasikan.
Ada beberapa knop yang ada di phanel depan.
1.Input
Digunakan untuk menaikkan atau menurunkan level input suara yang masuk kedalam  compressor.


2. Threshold (ambang)
Merupakan batas maksimum dari level sinyal yang akan ditoleransi oleh   compressor. Ketika treshold dikonfigurasi -5dB misalnya, maka semua bagian dari sinyal audio yang mencapai level diatas -5dB akan otomatis di kompresi oleh compresor tersebut.


3.Ratio (perbandingan)
Merepresentasikan seberapa besar kompresi yang akan dilakukan oleh  compressor. Jika ratio di konfigurasikan 4 : 1 misalnya, maka akan dibutuhkan sinyal input sebesar 4dB untuk menaikkan level output sebesar 1 dB. Atau dengan kata lain: setiap level suara input menyentuh angka 4 dB, level suara output akan bertambah 1 dB.


3. Attack (serangan)
Menentukan seberapa cepat compressor akan merespon sinyal yang melebihi threshold, dan mulai melakukan kompresi.


4.Release (melepaskan)
Menentukan seberapa cepat  compressor berhenti melakukan kompresi ketika sinyal input telah berada dibawah level treshold yang telah ditentukan.


5.
Hard / Soft Knee
Menentukan cara sound effect compressor bereaksi dan melakukan kompresi, pada saat sinyal telah melebihi threshold. Konfigurasi hard knee mengandung arti bahwa sound effect compressor akan bereaksi dengan cepat dan secara simultan menutup semua sinyal yang melewati batas treshold yang telah ditentukan. Sementara konfigurasi soft knee mengandung arti bahwa  compressor akan diaktifkan secara bertahap untuk membuat hasil kompresi menjadi lebih halus



CARA SETTING COMPRESSOR SEDERHANA





Pertama-tama level treshold/trigger gate (klo ada) di off dulu yaitu diputar full ke kiri. Output gain/level di 0 db tengah. Limiter (klo adiv class="MsoNormal">
Level 'berlebih yg akan kita ratakan yaitu pada hal-hal seperti; 'teriakan serak vokalis band underground, teriakan-teriakan penyanyi dangdut yang bukan merupakan bagian dari lagu. sering kita dapati vokalis yang lemah power saat nyanyi tapi kenceng banget klo teriak-teriak minta sawer.. sehingga tangan kita tidak bisa lepas dari fader volume untuk jaga-jaga.. atau flute player yang merangkap juga trumpet.
balik lagi ke setting treshold compressor, yg kita dengarkan adalah suara normal nya vokalis sedang nyanyi (lebih baik lagi pada saat dia sedang menyanyi bagian refrain atau pada nada-nada tinggi) kemudian pelan-pelan treshold kita putar dr kanan kekiri sampai suara itu mulai terpotong dan lampu led 'gain reduction mulai nyala. inilah yang disebut titik treshold. Setelah ketemu titik treshold maka level kita putar balik ke kanan sedikit saja, agar suara 'normal bisa kita keluarkan dan hanya yg berlebih yg kita 'potong.

Thursday, January 3, 2013

TIPE TIPE CROSSOVER PASIF

CROSSOVER PASIF EMINENCE PXB2: 3k5

 SPECIFICATION
Type 2-way
Cabinet Ready* No
Crossover Frequency 3.5kHz
Slope 12dB/ octave LP
Impedance 8 ohms
Power Handling 400W


Pasif Crossover universal dari MUNDORF Germany

Crossover Network MX2-1, adalah 2-Way universal X-Over Network / 4 Ohms/2500Hz harga KURANG LEBH 650 rb









high power two way passive crossover (SD-2026A)




crossover pasif import 2 way plus terminal -- PA 2 Rp. 325.000















Wednesday, January 2, 2013

skema box speaker/ box schema

Bandpass Subwoofer Designs:

BP6-E12-250N
BP4-E12-100S
BP6-Budget
BP6-X1
184SUB
BP6-K-bin
BP6-C-sub

Planar Wave Horn Designs



Goliath
LSW218
LSW118
PWH lung-port interior
PWH-18SW1P
Planar-SD21EL
PWH scurt-port interior
F17-versiunea 1
F17-versiunea 2
FX20

Bassreflex Subwoofer Designs



Subwoofer dual C18-600LF
Infrabass E18ELF
Subwoofer 18SW2P4
Subwoofer C18-650EL
Subwoofer FL18ELF,C18ELF
Subwoofer E18ELF
Subwoofer 18inch-supercompact
Subwoofer dual HP15S
Subwoofer 15WS600
Subwoofer HP15W
Subwoofer C15-400B
Subwoofer compact E15LF

Horn loaded Bass and subbass designs



HD15
CB18-Cyclops
Horn hybrid-dual 18 inch
Punisher
Mach Ballister
Ultrahog

Fullrange mid top designs



Dual 12 inch+PH2723-Vector
Satelit/FR E12-100S+PHT411
Satelit 12inch+PH2723
Satelit/FR 12inch+PH220
Satelit/FR 12inch+PH220
Satelit SN10MB+HM17-25
FR hi-fi cu PCT300+PA800K

15" bassreflex Fulrange designs



Fullrange 15inch+1inch
Fullrange 15inch+PH642/942/64/94
Fullrange BM15CXHB
Satelit/FR 15inch+PH220
Satelit wn15R+wnD72+PH2723
Fullrange 15inch+PH2723
Fullrange 15PW6+HM2525+D220Ti
Fullrange 15inch+PH3220
Satelit/FR Wn15R+PH2723
Fullrange C15-300MB+BMD440+PH3713
Fullrange HP15W+PHT408
Fullrange 15PW4+PHT408
Fullrange 3 cai

Horn loaded Mid Top designs



MT122
MT121
FX12
Horn hybrid coaxial-15CO1P
X-tro

Complete deployable system designs



Expander
Katiusha

Tuesday, January 1, 2013

Spul Tweeter Sering Putus

Banyak sound Engineering mengalami spul tweeter (spul driver) sering putus,terkadang acap kali menjengkelkan,ditengah tengah acara sering kali mengacaukan acara,hanya gara-gara spul tweeter putus.
Banyak yang bertanya pada saya kenapa kenapa kok sering putus.Ada beberapa faktor yang menjadikan tweeter putus.
1>Setiing cros yang kurang pas,ketinggian atau terlalu rendah
2>Terlalu banyak peak pada power amplyfier
3>kwalitas tweeter yang kurang bagus
Ada tips untuk sedikit mengatasi tweeter sering putus,di gambar ada crosofer pasif lampu halogen dan tweeter.Fungsi dari lampu halogen adalah untuk pelarian apabila tweeter dalam keadaan over load,
setelah over load lampu akan menyala.tentunya beban pada tweeter tidak terlalu berat.Sampai disini dulu besok disambung lagi.

Check Phase schema

Pernahkan sobat mengalami pasang sterio system 1speaker bagus tambah 1 malah apang?
itu berarti salah satu speaker ada yang out phase(terbalik min plusnya)n kalo kasus seperti
itu masih bisa diatasi hanya membalik salah satu kabel saja sudah jadi,,walaupun posisi phase
di in phase atau out phase,yang benar di in phase,,lampu indikator nyala hijau pada alat.
Coba bayangkan kalo kita pasang speaker 5 saja kiri 5 kanan 5 sulit sekali kita mendeteksi
phasenya.

Saya akan menerangkan sedikit tentan cek phase,cek phase biasanya ada 2 item yaitu reciver gunanya untuk memonitoring hasil phase yang dihasilkan dari suara elektonik maupun acoustic.
Sedangankan transmiter adalah generator yang menghasilkan gelombang kotak yang di
masukan ke perangkat audio yang di teruskan ke loudspeaker.
Alat tersebut sudah populer di dunia engineering audio..(operator) tapi kalo sobat belum meamkai alat tersebut saya anjurkan harus beli.
Kenapa harus punya???alat tersebut vital sekali selagi sobat mempunyai banyak speaker
yang terpasanng ketika kita dapat job ngeson,nggak mungkin kita cek box demi box nengan telinga apakah phasenya dah betul ato belum.
Harga cek phase yang brandit cukup tidak terjangkau
Bulan depan saya ingin bagikan skema cek phase secara gratis...

Catatan: beda power biasanya beda phase
:beda sumber listrik biasanya beda phase
:tambah acesoris juga di cek phase ulang
:pemasangan cek phase setelah complit terpasang
:di line mixer audio

Cara pasang: tranmiter dimasukan mixer pada lin in,posisi tone flat.
:reciver di todongkan depan speaker pas tengah persis

Sekian..kalo ada susuna kalimat kurang bagus mohon maaf, salam...Skema cek phase


Bulan yang lalu saya sudah bahas tentang Cek Phase dan kali ini saya unggah skema Cek Phase yang
pernah saya janjikan,,dengan skema sederhana ini smoga bisa bermamfaat dan setidaknya untuk
wawasan


GAMBAR YANG SUDAH JADI DENGAN PCB LUBANG


Ic Cek Phase,bulan lalu sudah saya terangkan,penggunaan Cek Phase dan skemanya juga sudah saya unggah
kali ini saya berikan Type ic-nya.Sudah tau caranya sudah ada skemanya kok belum ada type-nya..lucu kan?
Mohon maaf pada rekan2 yang sudah mengikuti blog saya,,dan jangan lupa slalu kunjungi ya..kalau ada ilmu
baru pasti saya bagikan.
Typetype ic cek phase
IC.1-CD 4049

IC.2-CD 4093

IC.3-HEF 4027

catatan:pada zener dioda 5v.sedangakan type pembangkit pulse-nya CD 4093
Usahakan pada type HEF 4027 merk philip agar sempurna. IC

Skema Junction Box Audio

Junction Box adalah phanel conector untuk mendistribusi sinyal audio,banyak Junction Box lain-nya
seperti pesawat telepon dsb.Kalau yang ini yang kita bahas tentang audio,mestinya Junction Box untuk audio.
Junction Box ini masih ada kaitannya dengan Monitor Panggung,karena dengan adanya alat ini bisa memudahkan kita kerja. Dalam sebuah pentas Band umumnya ada yang namanya monitor panggung
lha alat ini untuk membagi sinyal 1 input dibagi 2, out 1 dan out 2..misal; mic vokal. mic vokal ini bisa
di kontrol 2 mixer ,mestinya juga 2 operator. yang out 1 masuk mixer FOH, yang out 2 masuk mixer
panggung, boleh kebalikannya.Terkadang kita repot  bila pengaturan sound panggung diatur dari mixer
utama, karena kita tidak bisa mendengar langsung sound yang ada di panggung,dan kita juga dibebanni
oleh rewelnya musisi karena kita tidak maksimal melanyaninya.  mudah mudahan dengan gambar ini
bisa membantu kesulitan kita dalam kerja ber-ngesound ria.

Discrete FET Guitar Preamp by J. Donald Tillman